الجمعة، 11 يناير 2013

perencanaan kegiatan tanam pohon di jakarta


8 .Tema : Perencanaan
Judul : perencanaan krgiatan tanam pohon di jakarta
KBRN, Jakarta : Fokus Kegiatan Hari Menanam. Pohon Indonesia tahun 2012 yang akan diselenggarakan tanggal 28 Nopember akan diarahkan untuk menggenjot pembangunan hutan kota di seluruh Indonesia.
Hal itu dikemukakan Tenaga Ahli Pengembangan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai DAS DR.IR.Harry Santoso MSc yang juga mantan Dirjen BPDAS dan PS Kementerian Kehutanan di Jakarta, Rabu (17/10).

Untuk itu Puncak Kegiatan Hari Menanam 1 Milyar Pohon Indonesia akan dipusatkan diwilayah yang ada hutan kotanya yaitu menurut rencana akan dipilih dari 2 alternatif di Hutan Kota Srengseng Cengkareng  atau di kawasan Tigaraksa Tangerang.

"Itulah sebanya Pemerintah tahun ini dan tahun 2013 mendatang akan merealisasikan penanaman secara besar besaran di wilayah kota diseluruh Indonesia dengan target realisasi 1000 ha," kata Harry Santoso.

Sementara itu menurut Direktur Bina Rehabilitasi Hutan dan Lahan DR.Ir.Bejo Santoso,MSi difokuskannya Hutan Kota menjadi target kegiatan  Hari Menanam Pohon Indonesia (HMI) karena pemerintah berpendapat polusi terbesar terjadi di kawasan perkotaan.

"Polusi udara akibat banyaknya kendaraan dan pabrik pabrik banyak terjadi di perkotaan,oleh karena itu jika hutan kota diperbanyak diharapkan mampu menyerap karbondioksida CO2 dari polusi udara kota", kata Bejo Santoso yang juga hadir pada Press Conference Persiapan Hari Menanam Indonesia tahun 2012 didampingi Direktur Bina Perbenihan Tanaman Hutan Ir.Lamris Sitompul.

Bejo mengeluhkan,saat ini memang agak sulit mencari lahan 1000 ha untuk mewujudkan pembangunan hutan kota,seperti di DKI Jakarta, karena padatnya penduduk,kebutuhan untuk kepentingan perkantoran, pertokoan, pemukiman begitu besarnya. Tapi ini harus dipaksa untuk direalisasikan karena mendesak diperlukan agar masyarakat kota bisa menghirup udara segar dan hidup lebih sehat lagi.


Hal yang sama dikatakan Direktur Bina Perbenihan Tanaman Hutan Ir.Lamris Sitompul,yang optimis realisasi pembangunan hutan kota pasti bisa terwujud.

"Khusus DKI Jakarta pasti akan terealisasi apalagi Gubernurnya yang terpilih Joko Widodo adalah Orang Kehutanan," jelas Lamris.

Yang diharapkan nantinya melalui Komando dari Bapak Presiden SBY masalah masalah yang selama ini mengganjal pelaksanaan  Pembangunan Hutan Kota dapat teratasi, seperti masalah ego Bupati, Walikota dan Gubernur yang kurang peduli terhadap penghijauan di kotanya dapat disadarkan atas desakan. Presiden SBY.

Pada kesempatan jumpa pers tersebut ketiga nara sumber dari Kementerian Kehutanan tersebut juga menjelaskan kementrian kehutanan saat ini sedang mempersiapkan  Puncak Kegiatan Bulan Menanam Nasional  yang dijadwalkan pada Bulan Desember 2012.













ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق