الجمعة، 11 يناير 2013

perencanaan tata krama di universitas gunadarma


6 .Tema : perencanaan
Judul : Perencanaan tata krama di universitas gunadarma
TATA KRAMA MAHASISWA
UNIVERSITAS GUNADARMA
Pelaksanaan tatakrama mahasiswa di Universitas Gunadarma sesuai
dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 1999 tentang
Sistem Pendidikan Tinggi diwijudkan dengan diberlakukannya tata tertib
kehidupan kampus, atau tertib ujian, ketentuan-ketentuan pemilihan lembaga
kemahasiswaan yang prinsipnya mengatur tentang perilaku mahasiswa guna
menunjang tercapainya tujuan pendidikan tinggi seperti yang diisyaratkan di dalam
PP Nomor 60 Tahun 1999 tersebut.
Di awal perkuliahan, mahasiswa baru memperoleh pengarahan dari
berbagai unsure yang ada di Universitas Gunadarma antara lain dari BAAK (Biro
Administrasi Akademik Kemahasiswaan), Pengurus Fakultas masing-masing,
Urusan Kemahasiswaan; tentang lingkungan kampus baik mengenai akademik ,
tata tertib mahasiswa, maupun organisasi kemahasiswaan. Dengan pengarahan/
penjelasan yang diberikan diharapkan mahasiswa akan memiliki pemahaman
yang lebih mendalam tentang Universitas Gunadarma baik di tingkat fakultas
maupun tingkat Universitas. Guna menunjang pengembangan penalaran dan
keilmuan, minat, kegemaran serta upaya perbaikan kesejahteraan mahasiswa di
Universitas Gunadarma, maka diadakan kegiatan-kegiatan ekstra kurikuler.
Adapun kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang dilaksanakan di lingkungan
Universitas Gunadarama dalam waktu satu semester misalnya olah raga sekitar
10 – 7 kali, seni sekitar 3 – 4 kali, akademik sekitar 5 – 7 kali, seminar 4 – 6 kali,
pelatihan 6 – 8 kali, kepemimpinan 1 – 2 kali, kegiatan social 3 – 5 kali,
kerohanian 4 – 6 kali.
Di samping kegiatan ekstra kurikuler dan kurikuler mahasiswa juga
diharapkan berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan di luar
kampus. Kegiatan mahasiswa di luar kampus seperti kegiatan yang bersifat ilmiah,
sosial budaya, kepedulian terhadap lingkungan, kewiraswastaan, pengembangan
daya nalar, juga merupakan wadah aspirasi, jalur komunikasi dan media informasi
untuk meningkatkan dan mengembangkan kerja sama serta eksistensi dari rasa

kebersamaan dalam tanggungjawabnya sebagai mahasiswa dalam lingkungan
masyarakat.
Dengan peran aktifnya mahasiswa dalam berbagai kegiatan, diharapkan
akan mampu menunjukan eksistensi dirinya sebagai bagian dari kampus
Universitas Gunadarma.
Melalui pembinaan kemahasiswaan ini fungsi Perguruan Tinggi dengan
Tri Dharma Perguruan Tingginya akan mengarah pada pelaksanaan kegiatan
ilmiah yang professional dalam mewujudkan dirinya sebagai lembaga dan
masyarakat ilmiah untuk menunjang pembangunan nasional. Dalam hal ini perlu
diperhatikan bahwa suasana kampus, baik sebagai wadah kegiatan ekstra
kurikuler, maupun kurikuler, hanyalah merupakan salah satu lingkungan
pendidikan dalam proses pendidikan seumur hidup dan dengan sendirinya tidak
dapat menampung atau menggantikan fungsi lingkungan pendidikan lainnya yaitu
rumah dan masyarakat.

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق