6 .Tema : perencanaan
Judul : Perencanaan tata krama di universitas gunadarma
TATA KRAMA MAHASISWA
UNIVERSITAS GUNADARMA
Pelaksanaan tatakrama mahasiswa di Universitas Gunadarma sesuai
dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 1999
tentang
Sistem Pendidikan Tinggi diwijudkan dengan diberlakukannya tata
tertib
kehidupan kampus, atau tertib ujian, ketentuan-ketentuan pemilihan
lembaga
kemahasiswaan yang prinsipnya mengatur tentang perilaku mahasiswa
guna
menunjang tercapainya tujuan pendidikan tinggi seperti yang
diisyaratkan di dalam
PP Nomor 60 Tahun 1999 tersebut.
Di awal perkuliahan, mahasiswa baru memperoleh pengarahan dari
berbagai unsure yang ada di Universitas Gunadarma antara lain dari
BAAK (Biro
Administrasi Akademik Kemahasiswaan), Pengurus Fakultas
masing-masing,
Urusan Kemahasiswaan; tentang lingkungan kampus baik mengenai
akademik ,
tata tertib mahasiswa, maupun organisasi kemahasiswaan. Dengan
pengarahan/
penjelasan yang diberikan diharapkan mahasiswa akan memiliki
pemahaman
yang lebih mendalam tentang Universitas Gunadarma baik di tingkat
fakultas
maupun tingkat Universitas. Guna menunjang pengembangan penalaran
dan
keilmuan, minat, kegemaran serta upaya perbaikan kesejahteraan
mahasiswa di
Universitas Gunadarma, maka diadakan kegiatan-kegiatan ekstra
kurikuler.
Adapun kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang dilaksanakan di
lingkungan
Universitas Gunadarama dalam waktu satu semester misalnya olah
raga sekitar
10 – 7 kali, seni sekitar 3 – 4 kali, akademik sekitar 5 – 7 kali,
seminar 4 – 6 kali,
pelatihan 6 – 8 kali, kepemimpinan 1 – 2 kali, kegiatan social 3 –
5 kali,
kerohanian 4 – 6 kali.
Di samping kegiatan ekstra kurikuler dan kurikuler mahasiswa juga
diharapkan berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang diselenggarakan
di luar
kampus. Kegiatan mahasiswa di luar kampus seperti kegiatan yang
bersifat ilmiah,
sosial budaya, kepedulian terhadap lingkungan, kewiraswastaan,
pengembangan
daya nalar, juga merupakan wadah aspirasi, jalur komunikasi dan
media informasi
untuk meningkatkan dan mengembangkan kerja sama serta eksistensi
dari rasa
kebersamaan dalam tanggungjawabnya sebagai mahasiswa dalam
lingkungan
masyarakat.
Dengan peran aktifnya mahasiswa dalam berbagai kegiatan,
diharapkan
akan mampu menunjukan eksistensi dirinya sebagai bagian dari
kampus
Universitas Gunadarma.
Melalui pembinaan kemahasiswaan ini fungsi Perguruan Tinggi dengan
Tri Dharma Perguruan Tingginya akan mengarah pada pelaksanaan
kegiatan
ilmiah yang professional dalam mewujudkan dirinya sebagai lembaga
dan
masyarakat ilmiah untuk menunjang pembangunan nasional. Dalam hal
ini perlu
diperhatikan bahwa suasana kampus, baik sebagai wadah kegiatan
ekstra
kurikuler, maupun kurikuler, hanyalah merupakan salah satu
lingkungan
pendidikan dalam proses pendidikan seumur hidup dan dengan
sendirinya tidak
dapat menampung atau menggantikan fungsi lingkungan pendidikan
lainnya yaitu
rumah dan masyarakat.
ليست هناك تعليقات:
إرسال تعليق